Beberapa Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beberapa Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tumbuhanliarberkhasiat.web.id – Aktivitas yang cenderung padat di hari-hari kerja tidak terasa dapat menimbulkan berbagai penyakit yang datang tiba-tiba, seperti sakit kepala, sulit buang air besar, radang tenggorokan, hingga lambung yang kadang terasa nyeri dan sakit.

Penyakit-penyakit tersebut pun bukan tanpa alasan tiba-tiba menyerang, bisa karena tidak teraturnya pola makan akibat sibuk bekerja, terlalu sering mengkonsumsi minuman dengan pemanis buatan, serta banyak mengkonsumsi camilan instan tanpa kandungan vitamin.

Jika sudah begini, kebiasaan yang paling banyak dilakukan ialah membeli obat komersil lalu mengkonsumsinya. Padahal, obat-obatan alami dan yang lebih tradisional dapat membantu penyembuhan secara natural dan lebih mempercepat proses pemulihan tubuh secara maksimal.

Memangnya apa saja sih obat-obatan tradisional yang aman secara langsung dikonsumsi dan menyembuhkan alami? Salah satunya ialah daun cocor bebek.

Namanya memang kurang akrab sebagai pilihan obat tradisional, karena biasanya, daun cocor bebek yang memiliki struktur daun mirip paruh seekor bebek ini lebih sering dijadikan tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. Namun ternyata, dibalik bentuk cantik dan uniknya tersebut, daun cocor bebek dapat menjadi salah satu obat alami yang membantu mengurangi berbagai penyakit, loh.

1. Meringankan Sakit Kepala

Seperti yang telah disebutkan diatas, daun cocor bebek adalah salah satu dari sekian banyak tanaman yang dapat dikonsumsi secara langsung atau utuh setelah dimasak terlebih dahulu.

Dengan begini, vitamin dan kandungan zat baik dalam daun cocor bebek, dapat diserap secara maksimal oleh tubuh. Kandungan yang terdapat pada daun cocor bebek sendiri bermacam-macam, mulai dari asam alami seperti asam malat, asam formiat, asam citric, hingga magnesium, kalsium dan gula alami atau Glucoside.

Cara mengkonsumsi daun cocor bebek juga mudah untuk Anda yang sibuk dengan aktivitas padat, karena cara mengolah daun cocor bebek sangatlah mudah. Karena memiliki kadar air yang tinggi, cukup perlu direbus atau diasap sebentar hingga cukup lunak untuk dikonsumsi, kemudian setelah itu bisa disantap menjadi hidangan lalap yang menyegarkan.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Tanaman Patah Tulang

2. Mengurangi Pembengkakan Amandel

Saat kelenjar Tonsillitis atau biasa dikenal dengan amandel membengkak, tentu rasanya membuat tak nyaman, khususnya saat mengkonsumsi makanan. Hal tersebut wajar, karena pembengkakan kelenjar amandel membuat gejala-gejala seperti sakit kepala, demam, dan panas dingin jadi terasa.

Cara mengolah daun cocor bebek agar meredakan pembengkakan cukup dengan meminum sari-sarinya yang diambil dari daun cocor bebek yang dihaluskan atau diblender kasar dengan air.

3. Melancarkan Buang Air Besar

Terlalu sering duduk di kantor dan tidak cukup berolahraga saat akhir pekan lama kelamaan seringkali membuat masalah sulit buang air besar menjadi tidak terhindarkan. Kurangnya zat serat dalam makanan yang dikonsumsi dan air putih yang jarang dikonsumsi juga beberapa penyebab yang paling umum. Tenang saja, ternyata daun cocor bebek juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pelancar buang air besar secara alami.

Jemurlah beberapa helai daun cocor bebek hingga kering, kemudian lumatkan daun cocor bebek hingga menyerupai bubuk. Selanjutnya, bubuk tersebut dapat dikonsumsi seperti layaknya kopi bubuk, dilarutkan dalam air hangat, campurkan madu alami, kemudian diminum setiap pagi sebelum beraktivitas atau sesuai dengan kebutuhan.

4. Mengatasi Lambung yang Terasa Nyeri

Masalah pada sistim pencernaan tidak hanya menyebabkan adanya gejala sulit buang air besar, melainkan dapat membuat lambung menjadi nyeri karena pola makan yang kurang baik.

Daun cocor bebek bisa menjadi salah satu alternatif obat alami yang dianggap bisa mengurangi nyeri pada lambung Anda. Cara mengolahnya adalah dengan memasukkan beberapa lembar daun cocor bebek ke blender, dan campurkan air secukupnya.

Sama seperti layaknya membuat jus buah, biarkan daun cocor bebek menjadi hancur dan menyatu dengan air. Setelah itu, jus daun cocor bebek dapat disaring hingga tersisa hanya air sarinya. Minum air sari daun cocor bebek tersebut dengan campuran garam ataupun madu.

Related posts