Khasiat Atau Manfaat Dari Daun Pegagan untuk Kesehatan

Khasiat Atau Manfaat Dari Daun Pegagan untuk Kesehatan

Tumbuhanliarberkhasiat.web.id – Daun pegagan selama ini lebih dikenal sebagai salah satu dari spesies tanaman liar yang pada umumnya tumbuh di sekitar area perkebunan, persawahan, ladang, bahkan pinggiran jalan. Daun pegagan atau biasa disebut sebagai ‘daun kaki kuda’ ini, kendati merupakan tanaman liar, ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti apa manfaat daun pegagan untuk kesehatan?

Apa Itu Daun Pegagan?

Daun pegagan adalah sejenis tumbuhan yang termasuk dalam famili Mackinlayaceae. Daun pegagan yang memiliki nama latin Centella asiatica ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, (termasuk Indonesia), kemudian juga di negara-negara Asia lainnya seperti Jepang, Tiongkok, India, bahkan persebarannya sudah mencapai benua Australia.

Centella asiatica atau daun pegagan mengandung sejumlah zat bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, dan antiulcer. Hal ini lantas menghasilkan manfaat daun pegagan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Melihat sejumlah manfaat daun pegagan untuk kesehatan tubuh, rasanya sayang jika Anda sampai tidak mengonsumsi tanaman dengan nama lain Gotu kola ini. Berikut manfaat pegagan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Memperlancar Aliran Darah

Pada penderita insufisiensi vena dan varises, daun pegagan bisa dimanfaatkan untuk memperlancar aliran darah dan meredakan gejala-gejalanya seperti kaki terasa berat, nyeri, dan membengkak.

Studi yang dirilis oleh jurnal Angiology mengungkapkan bahwasanya pegagan juga efektif untuk mengobati kondisi hipertensi vena.

Kandungan triterpenes yang tak lain adalah zat anti-radang ditengarai menjadi penghasil manfaat daun pegagan yang satu ini. Triterpenes berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka, di samping meningkatkan antioksidan dan suplai darah menuju area kulit yang terluka.

2. Membantu Penyembuhan Luka

Selain memperlancar aliran darah, triterpenes juga disebut-sebut berperan aktif dalam merangsang pembentukan glikosaminoglikan dan kolagen untuk proses penyembuhan luka yang lebih cepat.

Namun, di atas triterpenes, ada lagi zat yang paling berkontribusi dalam menghasilkan manfaat daun pegagan untuk mengobati luka. Adalah asiaticoside, zat yang secara medis sudah diakui efektivitasnya untuk menyembuhkan luka, pun antilepra.

Tak hanya menyembuhkan luka, asiaticoside pada ‘daun kaki kuda’ ini juga berfungsi untuk menyamarkan bekas luka, seperti keloid. Sekitar April 2018, sebuah studi mengungkapkan bahwa pasien operasi yang diberi obat ekstrak daun pegagan memiliki jaringan parut yang sedikit pada titik sayatan saat operasi.

3. Menghilangkan Stretch Marks

Sebuah studi di tahun 2013 menemukan fakta bahwa tanaman herbal daun pegagan ampuh untuk menghilangkan stretch marks pada kulit. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi para wanita yang kerap mengeluhkan kemunculan stretch marks pasca melahirkan.

Baca Juga : Khasiat Dari Bunga Kenop untuk Kesehatan

Manfaat daun pegagan untuk menghilangkan stretch marks ini tak lepas dari kandungan senyawa terpenoid yang berperan dalam pembentukan kolagen. Tak hanya menghilangkan stretch marks, daun pegagan juga mampu mencegah timbulnya stretch marks di kemudian hari.

4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah salah satu masalah kulit yang paling dihindari. Namun, tak bisa dipungkiri jika seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami pada tubuh akan berkurang. Kolagen adalah sejenis protein yang berperan penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Nah, untuk meningkatkan kembali produksi kolagen, Anda bisa mencoba mengonsumsi daun pegagan ini. Studi yang dirilis oleh Journal of Ayurveda and Integrative Medicine mengungkapkan jika Centella asiatica atau daun pegagan efektif dalam membantu produksi kolagen pada tubuh.

Selain dikonsumsi secara oral, Anda dapat mengoleskan daun pegagan dalam bentuk krim pada kulit untuk merasakan manfaat pegagan yang satu ini.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan zat antibakteri pada daun pegagan dinilai efektif untuk mengatasi masalah pencernaan seprti diare. Selain itu, sejumlah masalah pencernaan lainnya seperti asam lambung dan perut kembung juga bisa diatasi dengan mengonsumsi tanaman yang oleh masyarakat Bali disebut sebagai ‘Piduh’.

Related posts