Manfaat Dari Buah Tomat

Manfaat Dari Buah Tomat

Tumbuhanliarberkhasiat.web.id – Secara umum, manfaat tomat bagi kesehatan, yang dapat mendukung dan membuat gaya hidup menjadi lebih sehat secara alami. Makan tomat adalah langkah cerdas bagi Anda untuk mendapatkan manfaat, yaitu menjaga stabilitas, kesegaran dan kebugaran.

Kandungan Nutrisi Tomat

Manfaat tomat untuk kesehatan berhubungan dengan kekayaan nutrisi dan vitamin. Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen. Zat inilah yang membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid.

Tomat memiliki kandungan rendah kalori dan lemak, namun kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, karotenoid, lutein, gula dan kalium, serta sejumlah besar vitamin B6 dan tiamin.
Manfaat Tomat untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

Mengatasi peradangan
Manfaat tomat yang pertama yaitu sebagai anti-peradangan karena tomat mengandung tomatine. Selain itu, khasiat tomat juga dapat mengangkat lemak dan kotoran pada wajah karena mengandung asam sitrat. Tomat juga bermanfaat untuk antioksidan karena mengandung vitamin C dan beta-karoten.

Mencegah kerusakan kulit
Menurut sebuah penelitian, likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet dan membantu menjaga kulit tampak awet muda. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh sinar matahari, polusi dan asap. Manfaat tomat untuk wajah juga membantu mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan mata
Manfaat tomat untuk kesehatan ternyata dapat membuat mata lebih sehat karena kandungan beta karoten. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

Mengatasi penggumpalan darah
Khasiat tomat berikutnya yaitu dapat mengatasi kelelahan, mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan jumlah sperma pada laki-laki. Selain itu, manfaat tomat juga dapat menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.

Baca juga : Banyak Manfaat Dari Ubi Jalar

Mengatasi bisul
Manfaat tomat yang jarang orang tahu yaitu untuk mengobati bisul. Berikut ini cara mengobati bisul dengan timat; panaskan biji tomat dan dagingnya, kemudian letakan di atas bisul selama beberapa saat.

Mengatasi jerawat
Selain bisul, manfaat tomat untuk wajah yang berjerawat. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian gosokan pada jerawat. Lakukan hal tersebut setiap hari selama 1 bulan.

Mengatasi gangguan pencernaan
Selain manfaat tomat untuk kesehatan di atas, ternyata tomat juga dapat memulihkan fungsi lever, mengatasi gangguan pencernaan, penyakit empedu, hingga mencegah kolera.

Menjaga berat badan
Manfaat tomat untuk kesehatan yang satu ini penting untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan, karena berbagai kandungan gizi dalam buah tomat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet. Cocok buat kamu yang ingin tubuh langsing.

Related posts