Manfaat Dari Tanaman Kemuning bagi Tubuh

Manfaat Dari Tanaman Kemuning bagi Tubuh

Tumbuhanliarberkhasiat.web.id – Kemuning memang masih belum banyak dikenal oleh banyak orang. Kemuning merupakan tanaman yang memiliki aroma yang harum dan berwarna putih. Kemuning juga memiliki nama Latin yaitu Murraya paniculata. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Selain untuk tanaman hias, kemuning juga dijadikan sebagai bahan untuk jamu dan obat herbal. Tapi sayangnya kemuning merupakan salah satu dari tanaman herbal yang langka. Karena kemuning dapat dijadikan sebagai obat herbal, mari lihat apa saja manfaat yang akan didapat dari kemuning bagi tubuh.

1. Mengobati sakit gigi
Manfaat pertama kemuning bagi kesehatan adalah sebagai obat sakit gigi. Kandungan yang terdapat pada kulit batang kemuning dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Cara pemakaiannya ada dengan membakar kulit batang kemuning kemudian akan mengeluarkan minyak. Setelah itu teteskan minyaknya pada gigi yang sakit.

2. Menghaluskan kulit
Kemuning juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk menghaluskan kulit yang kasar. Ambil daun kemuning segar yang telah dicuci lalu ditumbuk kemudian campurkan dengan air lalu aduk hingga rata. Setelah rata, lulurkan bahan tersebut pada kulit sebelum tidur.

3. Mengatasi rematik
Bagian dari kemuning yang bermanfaat bagi tubuh adalah akarnya. Rematik juga bisa diatasi dengan mengonsumsi akar kemuning. Rebus akar kemuning bersama air kemudian minum air rebusan secara teratur untuk mengatasi rematik.

Baca Juga : Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

4. Menyembuhkan infeksi saluran kencing
Infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Kemuning dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk penyakit infeksi saluran kencing. Caranya dengan merebus daun kemuning segar dengan air kemudian konsumsi air rebusan kemuning secara teratur.

5. Menurunkan kolesterol
Kemuning memiliki kandungan kimia berupa tannin, flavanoid, steroid, dan alkaloid yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi ekstrak daun kemuning secara teratur dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kolesterol agar tetap stabil.

Manfaat yang didapat dari kandungan kemuning benar-benar dapat berguna untuk tubuh. Tetapi walaupun dikategorikan sebagai obat herbal, konsumsilah kemuning dengan dosis yang wajar dan jangan berlebihan.

Related posts