Manfaat Tanaman Beluntas Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Beluntas Bagi Kesehatan

Tumbuhanliarberkhasiat.web.id – Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar. Di daerah pedesaan, daun beluntas biasanya banyak dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan demam. Tak hanya itu, tanaman beluntas ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui. Nah berikut beberapa manfaat tanaman beluntas untuk kesehatan yang jarang diketahui.

1. Bersifat antibakteri
Tak banyak yang tau, tanaman liar ini mampu bersifat antibakteri. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak beluntas mampu mengatasi berbagai bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, seperti bakteri Escherichia coli, Salmonella typhi, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus.

2. Mampu menghilangkan bau badan
Manfaat tersembunyi lainnya yang dimiliki tanaman liar ini adalah dapat mengatasi bau badan dan bau mulut yang tidak sedap. Caranya adalah dengan menggunakan daun beluntas sebagai lalapan atau dimasak dengan cara dikukus saja untuk mengatasi bau badan dan bau mulut yang mengganggu.

3. Mengatasi masalah keputihan
Beluntas juga memiliki manfaat untuk mengatasi keputihan. Bagi wanita, masalah keputihan tentu saja menjadi suatu masalah yang serius. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan daun beluntas. Caranya cukup ambil 20 helai daun ini direbus dengan segelas air dan akar tapak liman. Kemudian minum ramuan ini dua kali sehari.

Baca Juga : Manfaat Dari Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

4. Mengatasi nyeri haid
Tak hanya untuk mengatasi keputihan, tanaman beluntas juga diketahui mampu mengatasi nyeri haid. Datang bulan pada wanita memang terkadang membuat nyeri yang sangat menyiksa. Kamu dapat mengatasinya menggunakan daun beluntas, caranya ambil 20 helai daun beluntas kemudian rebus dengan segelas air. Tambahkan sedikit asam atau garam.

5. Dapat dijadikan terapi karies gigi
Karies gigi adalah kondisi rusaknya struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara bertahap. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak daun beluntas mampu melawan penyebab karies gigi yaitu bakteri Streptococcus mutans. Hal ini membuat daun dari tanaman liar ini dapat dijadikan sebagai agen terapi untuk karies gigi.

Nah itulah beberapa manfaat dari tanaman beluntas bagi kesehatan. Mulai sekarang jangan hanya jadikan tanaman ini sebagai pagar ya, karena beluntas juga memiliki manfaat yang sangat menguntungkan.

Jika anda ingin mendapatkan Informasi mengenai game online yang sedang populer dan saat ini banyak dimainkan di Indonesia, anda bisa langsung mengakses link url berikut ini http://www.yandestravel.com/ yang berisi segala macam informasi dan berita menarik yang sangat berguna bagi anda yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan.

Related posts