Manfaat Tumbuhan Bayam Duri

Manfaat Tumbuhan Bayam Duri

Tumbuhanliarberkhasiat.web.id – Lebih baik untuk mengetahui apa bayam berduri agar tidak membuat kesalahan pada tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bayam bayam memiliki nama latin amaranthus spinousus dan termasuk dalam kategori tanaman bayam. Karakteristik bayam berduri adalah akar tanaman yang lunak sehingga dapat dengan mudah dihilangkan, tingginya dapat mencapai satu meter dan pada pangkal batang terdapat duri.

Manfaat bayam duri untuk kesehatan tubuh

Bayam duri mengandung berbagai zat yang sangat baik untuk tubuh kita antara lain adalah tannin, fosfat, garam zat besi, kalium nitrat, amarantin, spinasterol, rutin, hentriakontan, serta berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, peridoksin dan vitamin B6. Khasiat dari bayam duri ini memang belum banyak diketahui oleh orang karena masih sedikit orang yang memanfaatkan bayam duri ini. berikut ini adalah beberapa manfaat dari bayam duri yang bisa anda gunakan:

Mengatasi kencing nanah

Kencing nanah terjadi karena di dalam saluran kemih terdapat bakteri atau virus yang disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah karena hubungan seksual yang tidak sehat seperti berganti-ganti pasangan. Penyakit kencing nanah seringkali menjadi momok tersendiri di masyarakat apalagi jika organ kelamin juga mengalami nanah. Untuk melakukan pengobatan pada kencing nanah biasanya orang akan enggan karena malu. Namun penyakit tersebut harus segera diatasi.

Anda yang mengalami penyakit kencing nanah bisa menggunakan tanaman bayam duri sebagai solusinya. Cara pembuatannya juga cukup mudah yaitu dengan satu potong akar dan bonggol dari tanaman bayam duri serta siapkan juga adas pulawaras secukupnya. Setelah bahan siap kemudian bahan dicuci bersih dan dipotong kasar saja. kemudian rebus dengan menggunakan air 1 liter hingga mendidih dan airnya menyusut setengahnya. Setelah itu diamkan sebentar dan saring. Minumlah ramuan ini pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengatasi susah buang air kecil

Selain mengatasi penyakit kencing nanah, tanaman bayam duri juga bisa digunakan untuk mengatasi susah buang air kecil. Kondisi susah buang air kecil bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya cairan tubuh, adanya gangguan pada ginjal dan saluran kemih, batu ginjal, kencing manis, kencing batu dan lainnya. susah buang air kecil bisa menjadi gejala dari penyakit lainnya yang lebih serius oleh karena itu jika anda mengalaminya lebih baik segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Selain melakukan pemeriksaan ke dokter, anda juga bisa membuat ramuan dari tanaman bayam duri untuk solusi herbalnya. Bahan yang digunakan adalah satu akar dan bonggol tanaman bayam duri dan cuci bersih. Setelah itu potong kasar dan rebuslah dalam 1 liter air sampai mendidih dan juga menyusut. Setelah matang diamkan sebentar sampai hangat dan kemudian minum ramuan tersebut secara rutin sampai habis tiap harinya.

Mengatasi gangguan pernapasan dan bronchitis

Masalah gangguan pernapasan dan bronchitis sangatlah mengganggu penderitanya karena masalah ini termasuk yang membutuhkan waktu lama dalam pengobatannya. Bronchitis misalnya membutuhkan waktu lebih dari 3 bulan untuk bisa sembuh dan harus dijaga kesehatannya supaya tidak mudah kambuh. Anda bisa menggunakan tanaman bayam duri untuk mengatasi gangguan pernapasan dan bronchitis.

Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menyiapkan semua bagian dari tanaman bayam duri mulai dari akar, batang, daun dan bungaya. Cuci bersih semua bahan dan juga potong kasar. Kemudian semua bahan direbus dengan menggunaka satu liter air dan tunggu hingga mendidih dan air menyusut menjadi setengahnya. Minumlah secara rutin setiap pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika anda kurang suka dengan rasanya anda bisa menambahkan madu atau gula merah untuk memberikan rasa lebih enak.

Baca juga : Manfaat Tumbuhan Bandotan

Memproduksi ASI lebih lancar

Produksi ASI yang lancar merupakan idaman bagi semua wanita yang sedang menyusui. Namun terkadang tidak jarang juga wanita mengalami produksi ASI tidak lancar sehingga tidak cukup memberikan ASI kepada buah hatinya. Jika ini terjadi maka anda bisa menggunakan ramuan dari tanaman bayam duri. Caranya adalah siapkan seluruh bagian dari tanaman bayam duri mulai dari akar, batang, daun dan bunga kemudian tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian payudara. Lakukanlah secara rutin dua kali sehari dan produksi ASI anda akan menjadi lancar kembali.

Nah, itulah empat manfaat yang bisa anda peroleh dari memanfaatkan bayam duri. Jadi, mulai sekarang anda tidak boleh membuang tanaman bayam duri begitu saja ya. anda bisa memanfaatkannya dengan baik pada kesehatan anda.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Related posts