Tanaman Langka Indonesia

Tanaman Langka Indonesia

Tumbuhanliarberkhasiat.web.id – Nah, kali ini kita akan mengulas beberapa tanaman langka di Indonesia. Berbagai tanaman ini jarang ditemukan, sehingga harus dilindungi agar tidak terancam punah. Apa tanaman ini? Lihat itu!

Bunga Bangkai
Bunga bangkai merupakan bunga raksasa yang dapat mengeluarkan bau busuk seperti bangkai dan tergolong sebagai tanaman yang langka sehingga harus segera dilindungi. Bunga bangkai dewasa dapat tinggi mencapai 4 meter dan bunga ini memiliki keunikan tersendiri yaitu hanya dapa mekar selama 7 hari kemudian mati. Habitat asli bunga bangkai adalah hutan Sumatera, tetapi saat ini sudah mulai banyak dilestarikan di luar daerah asalnya, Seperti di Taman Hutan Raya ir. Djuanda, Bandung.

Rafflesia Arnoldi
Rafflesia Arnoldi atau biasa dikenal sebagai Padma Raksasa merupakan bunga terbesar di dunia yang hidup di willayah Indonesia. Bunga ini akan mengeluarkan bau busuk saat mekar dan orang sering keliru menyebutnya sebagai bunga bangkai karena memiliki ciri khas yang sama. Saat mekar, Rafflesia Arnoldi bisa mencapai berat sekitar 10 kg. Bunga ini membutuhkan waktu sekitar 9 bulan hingga waktunya mekar, lalu akan bertahan selama 7 hari sebelum akhirnya layu dan mati. Sekarang ini, jumlah habitatnya semakin berkurang drastis karena maraknya pengalihan hutan sebagai hunian atau pertambangan.

Kantong Semar
Tanaman yang memiliki bentuk menyerupai kantong ini dapat bertahan hidup dengan memangsa berbagai serangga yang berada di dekatnya. Pertama, dia akan membuka kantongnya dan mengeluarkan bau untuk mengundang serangga, ketika serangga telah masuk ke dalam kantong, maka bunga ini akan menutup kantonnya dan mulai mencerna serangga tersebut. Bunga kantong semar merupakan tanaman karnivora yang kini populasinya sudah tergolong langkah.

Baca juga : Tanaman Obat Paling Terkenal Di Indonesia

Cendana
Cendana merupakan jenis tumbuhan yang memiliki banyak kegunaan di Indonesia. Kayu cendana dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum, aroma terapi, rempah-rempah, dupa hingga sangkur keris (warangka). Karena, harus dari kayu cendana ini bisa bertahan hingga ratusan tahun lamanya.

Pohon ini merupakan salah satu tumbuhan yang banyak diburu untuk dimanfaatkan kayunya. Sayangnya, pohon cendana bukanlah jenis tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Pada awal pertumbuhannya, cendana merupakan tanaman parasit yang tidak bisa hidup secara mandiri, melainkan menumpang pada tanaman lain. Karena itulah populasi pohon cendana semakin hari makin berkurang.

Daun Payung
Daun payung merupakan tanaman endemik yang banyak ditemukan di daerah Sumatera. Tanaman ini memiliki karakteristik memiliki daun yang sangat lebar serta kuat. Karena itulah, pada zaman dahulu tumbahan ini sering dimanfaatkan sebagai dindin maupun atap rumah. Tanaman yang sering juga disebut sebagai daun sang atau salo ini memiliki nama ilmiah Joannestijsmania altifrons, yang diambil dari nama penemuannya yaitu Professor Teijsman.

Nah itulah daftar tumbungan langka di Indonesia yang saat ini sudah mulai terancam keberadaannya. Dengan mengetahui berbagai jenis tumbuhan tersebut, diharapkan kita dapat lebih menjaga kelestarian alam dan tidak merusak untuk kepentingan pribadi.

Related posts