Beberapa-Tumbuhan-dari-Zaman-Sebelum-Dinosaurus

Beberapa Tumbuhan dari Zaman Sebelum Dinosaurus

tumbuhanliarberkhasiat – Dari Planet Bumi yang kita tempati ini, masih ada tumbuhan-tumbuhan yang hidup sejak ratusan juta tahun lalu, zaman ketika dinosaurus pun belum ada. Fosil-fosil tumbuhan berikut telah ditemukan di berbagai penjuru dunia, dan ternyata, masih hidup di sekitar kita. Inilah beberapa tumbuhan tersebut yang dilansir dari Eden Project dan sumber lainnya.

Dutchman’s pipe [Aristolochia gigantea]

aristolochia

 

 

 

 

 

 

 

Tumbuhan yang dikenal dengan dedaunan lebat dan bunga-bunga besar menjuntai ke bawah ini sudah ada ketika dinosaurus masih merajai Bumi. Pada periode Cretaceous [142-65 juta tahun lalu], bunga-bunga masa awalnya telah ada, dan banyak diserbuki serangga masa itu, seperti bunga hari ini. Bunga-bunga Aristolochia yang asli dari hutan di Brazil ini mampu menarik lalat dan serangga kecil lain, yang terjebak di dalam dan tertutup serbuk sari di dalam bunga.

Cycad [Dioon spinulosum]

Tumbuhan cycad adalah sejenis palem yang sudah ada sejak 280 juta tahun lalu dan mampu bertahan dari berbagai kepunahan massal. Di habitat aslinya, tumbuhan ini tumbuh di tanah berbatu, terutama di dataran rendah Mexico pada ketinggian hingga 450 meter. Dioon spinulosum adalah jenis cycad tertinggi di dunia yang mampu tumbuh hingga 12 meter.

Lada Hitam [Piper nigrum]

Lada-Hitam

 

 

 

 

 

 

 

Fosil nenek moyang pertama dari keluarga lada ditemukan di Kolombia, negara di Amerika Latin. Fosil-fosil ini berasal dari periode Cretaceous [145-100 juta tahun silam]. Setelah dinosaurus mati, banyak hal baru terjadi pada iklim dunia, yang mempengaruhi tempat-tempat di seluruh dunia. Di Amerika Selatan, gunung-gunung Andes tumbuh, sementara hutan hujan Amazon pertama kali muncul, dan banyak spesies lada yang berbeda akhirnya mulai tumbuh dan berkembang.

Baca Juga : 6 Tumbuhan Langka di Dunia

Pakis Tanduk Rusa [Platycerium bifurcatum]

 

 

 

 

 

 

 

Yang menarik dari tumbuhan ini adalah mereka tidak pernah benar-benar membutuhkan tanah untuk tumbuh. Mereka hanya perlu berpegang erat pada batu atau pohon-pohon besar dan membuat tanah mereka sendiri saat daun yang tua mati. Secara alami berasal dari Indonesia, dan tumbuh di tempat-tempat sejauh daerah pantai New South Wales di Australia. Tumbuhan ephiphyte ini memiliki penampilan eksotis dramatis, serta banyak digunakan di taman tropis. Tumbuhan ini berasal dari Zaman Carboniferous [350 juta tahun lalu), waktu itu tumbuhan pakis bisa mencapai ukuran sebesar pohon moderen.

Pakis Kaki Kelinci Raksasa [Davallia solida]

Pakis-Kelinci

 

 

 

 

 

 

 

Pakis dari daerah tropis Australia dan di bebrapa tempat lain ini diberi nama karena ‘kaki’-nya yang ditumbuhi ‘bulu-bulu’ halus di pangkal batangnya. Tumbuhan ini diyakini sudah dan berevolusi di Bumi sejak Zaman Ludlow [420 juta tahun lalu].

Protea Raja [Protea cynaroides]
Tumbuh-tumbuhan dalam keluarga ini ditemukan di Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Leluhurnya berasal dari 65 juta tahun yang lalu ketika Afrika Selatan masih menjadi hutan tropis.