Jenis-Jenis-Tanaman-Liar-Yang-Bisa-Jadi-Obat

Jenis Jenis Tanaman Liar Yang Bisa Jadi Obat

tumbuhanliarberkhasiat – Semua jenis tanaman, termasuk juga tanaman liar atau gulma yang memiliki khasiat, manfaat dan fungsi untuk mengobati penyakit, meringankan penyakit, mencegah penyakit atau menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebenarnya seluruh isi dari alam ini memliki khasiat dan manfaatnya masing-masing bagi manusia.

Tanaman liar sekalipun ternyata memiliki khasiat dan manfaat untuk mengobati suatu penyakit. Disekitar kita ternyata banyak terdapat tumbuhan liar yang berkhasiat sebagai obat. Tumbuhan liar tersebut seringkali kita anggap gulma atau tumbuhan pengganggu yang tidak memiliki manfaat.

Contohnya adalah obat herbal BAYAM DURI dan tumbuhan ANTING-ANTING, keduanya sering kita abaikan begitu saja padahal tumbuhan tersebut memiliki khasiat sebagai obat. Tumbuhan tersebut bisa kita tanam sebagai Tanaman Obat Keluarga Bayam Duri dipekarangan rumah. Tumbuahan anting-anting memiliki khasiat sebagai Tanaman OBAT KORENG atau penyakit kulit.

Berikut ini jenis jenis tumbuhan liar yang berkhasiat sebagai obat, gambar tumbuhan obat herbal, jenis-jenis tanaman obat, penjelasan singkat tentang tanaman obat, nama ilmiah tanaman obat, kandungan senyawa tanaman obat, tanaman obat tradisional dan kegunaannya serta uraian singkat mengenai tanaman obat ;

1. Alang-alang / ilalang

Manfaat-Tanaman-Kumis-Kucing

 

 

 

 

 

 

Rumput alang-alang disetiap daerah memiliki sebutan yang berbeda, misalnya halalang, alalang (Banjarmasin, Minangkabau), lalang (Melayu, Madura, Bali), eurih (Sunda), rih (Batak), jih (Gayo), re (Sasak, Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulawesi Selatan), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain sebagainya. Alang-alang, ilalang atau lalang adalah tanaman liar yang sering dianggap gulma pada lahan pertanian. Daun ilalang memiliki ujung runcing dan panjang, banyak tumbuh dimana-mana karena ilalang memiliki daya tahan yang kuat terhadap cekaman lingkungan. Bahasa ilmiah alang-alang adalah Imperata cylindrica dari keluarga Poaceae.

Meskipun rumput ilalang sering dianggap gulma dan menganggu tanaman budidaya namun ternyata tanaman liar ini memiliki beberapa khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah akar atau rimpangnya yang berwarna putih beruas-ruas. Akar ilalang diketahui berkhasiat untuk mengobati panas dalam, sariawan, meluruhkan kencing (diuretika), mengobati demam, obat sakit ginjal, mengatasi mimisan, mengatasi kencing darah dan lain-lain.

2. Anting-anting

anting-anting

 

 

 

 

 

 

 

Anting-anting (Acalypha australis linn) merupakan tumbuhan liar yang sering dianggap gulma. Tanaman anting-anting memiliki tajuk yang tidak terlalu besar, batangnya kecil dengan tinggi tanaman mencapai 50 cm. Daun hampir bulat telur dan memiliki bunga berwarna hijau. Tanaman anting-anting banyak tumbuh dikebun, pekarangan dan juga ditemukan pada areal lahan budidaya. Tanaman gulma ini ternyata memiliki khasiat dan manfaat sebagai obat herbal.
Manfaat dan Khasiat ANTING-ANTING Untuk Pengobatan :

Tanaman anting-anting diketahui memiliki khasiat dan manfaat untuk mengatasi pendarahan pada luka, menghentikan darah mimisan, membantu mempercepat penyembuhan luka, sebagai antibiotik, peluruh kencing (diuretik), obat gatal-gatal, obat radang, obat diare dan mengatasi batuk berdarah.

3. Bandotan / Babadotan

bandotan

 

 

 

 

 

 

 

Bandotan memiliki nama ilmiah Ageratum conyzoides, adalah tumbuhan liar yang banyak ditemukan di areal lahan pertanian, tepi jalan, dikebun dan pekarangan. Tumbuhan liar yang sering dianggap gulma ini konon awal mulanya berasal dari Amerika, dan telah sejak lama ada di Indonesia. Gulma dari suku Asteraceae ini memiliki banyak nama daerah, antara lain babandotan, babadotan (Sunda), wedusan (Jawa), dus-dusan (Madura), rumput balam (Pontianak). Dalam bahasa inggris bandotan disebut Billygoat-weed, Goatweed, Chik weed atau Whiteweed. Ciri khas dari rumput bandotan adalah baunya yang menyerupai bau kambing. Zat yang terkandung dalam babadotan adalah sebagai berikut: minyak esensial, alkaloid, dan kumarin. Meski demikian, tumbuhan ini juga memiliki daya racun. Di Barat, bandotan juga dimanfaatkan sebagai insektisida dan nematisida. Sementara, penelitian lain menemukan bahwa bandotan dapat menyebabkan luka-luka pada hati dan menumbuhkan tumor. Tumbuhan ini mengandung alkaloid pirolizidina.

Manfaat dan Khasiat BANDOTAN Untuk Pengobatan :

Tumbuhan bandotan daunnya sudah sejak lama digunakan untuk menyembuhkan luka lecet atau luka terkena benda tajam. Bandotan juga berkhasiat sebagai obat sakit dada, obat mata terasa panas, obat sakit perut.

4. Bayam Duri

bayam-duri

 

 

 

 

 

 

 

Bayam duri (Amaranthus spinosios) merupakan tanaman sejenis bayam, tetapi pada pohonnya terdapat duri-duri tajam. Tumbuhan bayam berduri ini merupakan tumbuhan liar atau gulma. Banyak tumbuh diladang atau areal lahan pertanian. Tumbuhan berduri ini tumbuh liar dengan sendirinya tanpa ditanam. Sering tumbuh sendiri pada lahan pertanian dan dibuang begitu saja karena dianggap sebagai gulma pengganggu tanaman budidaya. Batang, daun dan bunga dari tanaman ini sama persis dengan bayam yang biasa dikonsumsi, hanya saja terdapat duri pada batang nya dan bisa tumbuh tinggi hingga 150 cm.

Manfaat dan Khasiat BAYAM DURI Untuk Pengobatan :

Bayam duri meskipun tanaman liar, tapi ternyata memiliki khasiat dan manfaat sebagai obat. Akar dari bayam duri berkhasiat untuk mengobati bisul, wasir (hemoroid), ekzema, gusi berdarah, gusi bengkak, melancarkan ASI, meringankan demam, mengobati kutil, serta obat luka bakar.

5. Benalu Teh

benalu-teh

 

 

 

 

 

 

 

Benalu teh adalah tumbuhan benalu yang menumpang hidup pada pohon teh. Biasanya pohon-pohon teh yang tumbuh liar dan tidak terurus bisa ditumbuhi oleh tanaman benalu ini. Persebaran tanaman benalu teh dibantu oleh burung. Burung yang memakan biji dari tumbuhan ini menyebarkan bibit benalu teh melalui kotorannya. Konon benalu teh tidak dapat tumbuh jika dibudidayakan atau sengaja ditanam.
Manfaat dan Khasiat BENALU TEH Untuk Pengobatan :

Benalu teh diketahui memiliki berbagai khasiat dan manfaat dalam dunia pengobatan herbal. Khasiat benalu teh antara lain mengatasi gangguan syaraf, mengurangi resiko pikun, mengatasi sinusitis, menurunkan kadar gula darah, kanker, kista, myom, tumor, kolesterol, menurunkan darah tinggi, mengatasi asam urat serta mengatasi rheumatik.

6. Brotowali / Baratawali

brotowali

 

 

 

 

 

 

Brotowali (Tinospora crispa L.) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di hutan dan semak-semak. Tanaman ini merupakan tanaman herbal yang kini banyak ditanam dipekarangan rumah. Air rebusan brotowali memiliki rasa yang sangat pahit dan banyak digunakan sebagai obat tradisional. Tanaman ini kaya kandungan kimia antara lain alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin). Brotowali memiliki berbagai sebutan daerah, misalnya andawali, antawali, putra wali atau daun gadel.

Manfaat dan Khasiat BROTOWALI Untuk Pengobatan

Air rebusan brotowali dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk mengatasi reumatik, menurunkan kadar gula darah, membantu mengatasi kencing manis, menurunkan panas, obat sakit kulit, menambah nafsu makan, obat sakit kuning, obat gatal, obat malaria, merangsang kerja syaraf, mengatasi sakit pinggang dan diare.

Baca Juga : Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

7. Cakar Ayam

Tanaman cakar ayam (Selaginella doederleinii hieron) merupakan tumbuhan liar yang tumbuh pada tempat-tempat yang teduh dan berhawa sejuk. Banyak terdapat ditepi-tepi jurang yang berlumut dan lembab, daunnya menyerupai cakar ayam sehingga dinamai tumbuhan cakar ayam. Bagian tanaman yang berkhasiat sebagai obat herbal adalah seluruh bagian tanaman. Nama daerah untuk tanaman ini antara lain ; rumput solo, cemara kipas gunung, cakar ayam (Jawa), paku rane (Sunda), menter (Betawi), tai lantuan (Madura), usia (Ambon), sikili batu, lingonai (Minangkabau).

Manfaat dan Khasiat Tumbuhan CAKAR AYAM Untuk Pengobatan :

Tumbuhan cakar ayam diketahui memiliki khasiat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Manfaat tumbuhan cakar ayam untuk pengobatan antara lain : mengobati kanker paru, mengobati bronkitis, mengatasi radang paru, tonsilis, mengobati batuk, mengatasi korengan, obat perut busung, obat infeksi saluran kencing dan obat rheumatik.