Licorice Dan Manfaatnya

Licorice Dan Manfaatnya

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Licorice Dan Manfaatnya. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Licorice Dan Manfaatnya

Apa itu licorice?
Licorice adalah tanaman herbal yang akarnya dikenal sebagai akar manis. Selain dijadikan obat, akar manis ini dari zaman dahulu sering digunakan sebagai pemanis dalam permen atau minuman manis. Licorice tersedia dalam berbagai bentuk zat, baik yang mengandung asam glycyrrhizin atau sebagai deglycyrrhizinated licorice (DGL).Selain dikenal dengan akar manis, licorice adalah bahan alami yang juga mengandung banyak manfaat. Apa saja saja manfaat licorice yang berguna bagi kesehatan?

1. Mengobati sakit perut
Akar licorice adalah tanaman yang umumnya digunakan untuk mengatasi sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. Dalam kasus keracunan makanan, sakit maag, dan nyeri ulu hati, ekstrak akar tanaman obat ini dapat membantu mempercepat perbaikan lapisan lambung. Licorice juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan asam di dalamnya. Hal ini disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dan kekebalan tubuh yang berasal dari asam glycyrrhizic dalam tanaman ini.Selain itu, sebuah studi menemukan fakta bahwa asam glycyrrhizic dapat mencegah tumbuhnya bakteri beracun H. pylori di usus dalam jumlah banyak. Ada juga penelitian yang menunjukkan orang-orang yang memiliki penyakit ulkus peptikum, nyeri ulu hati, atau gastritis telah memperbaiki gejala ketika menggunakan DGL.DGL adalah salah satu bentuk licorice yang lebih aman dan dapat dikonsumsi dalam jangka panjang.

2. Meredakan stres
Ketika mengalami stres, kelenjar adrenal akan berusaha untuk memproduksi hormon adrenalin dan kortisol (hormon stres) secara konstan. Akibatnya, kedua hormon itu akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh. Dikutip dari Healthline, akar licorice yang diekstrak dapat menekan tubuh agar tidak mengeluarkan hormon adrenalin terus-menerus.Di samping itu, ekstrak akar manis ini juga dapat membantu mengendalikan kadar hormon kortisol dalam tubuh sehingga jumlahnya tidak berlebih. Dengan begitu gejala stres yang Anda rasakan bisa mereda.

3. Kemungkinan bisa membantu mengatasi kanker
American Cancer Society kini sedang meneliti manfaat licorice terhadap pengobatan kanker payudara dan kanker prostat. Meski demikian, beberapa pengobatan China telah lama menggunakan akar ini untuk penyakit kanker. Sekalipun telah digunakan sejak lama untuk pengobatan kanker, merupakan sebuah langkah bijak apabila Anda tetap berkonsultasi ke dokter mengenai penggunaan akar manis ini atau pengobatan apa pun lainnya.

Baca Juga : Dandelion Si Cantik Dan Bermanfaat

4. Mengobati masalah kulit dan gigi
Obat salep topikal yang mengandung licorice banyak direkomendasikan untuk mengobati penyakit kulit eksim. Tanaman yang akarnya bermanfaat ini, dapat dijadikan bahan untuk obat kulit karena kandungan sifat antibakterinya.Selain itu, karena sifatnya, banyak pula ahli herbal yang menggunakan ekstrak tanaman ini untuk mengatasi masalah gigi rusak atau bolong karena bakteri.

5. Meningkatkan kekebalan imun
Licorice mengandung triterpenoid, yaitu zat antiviral yang bagus untuk mendukung sistem imun tubuh. Menurut sebuah studi yang diterbitkan Food Chemistry, akar tanaman herbal ini juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan menambah daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit. Beberapa pengobatan juga menggunakan akar tanaman ini untuk penyakit, seperti hepatitis C, HIV, dan influenza.

6. Batuk dan sakit tenggorokan
Akar licorice bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk berdahak. Tanaman ini dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengeluarkan dahak yang membuat Anda terus-terusan batuk.Tanaman ini juga diketahui mengandung zat anti-inflamasi. Zat tersebut berfungsi menenangkan peradangan sehingga sakit tenggorokan yang Anda rasakan jadi mereda. Gunakan ekstrak akar tanaman herbal ini dengan cara dijadikan sirup atau teh.