Manfaat Dari Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Manfaat Dari Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Tumbuhanliarberkhasiat.web.id – Tanaman herbal satu ini cukup sering ditemukan di sekitar kita karena mudah berkembang biak saat biji bunganya terbawa angin. Tanaman yang memiliki nama latin Sonchus Arvensis ini juga bisa tumbuh di mana pun, termasuk tembok dan bebatuan. Akan tetapi, kamu mungkin sering mengabaikan dan hanya menganggapnya tanaman liar biasa.

Nutrisi dalam daun tempuyung ternyata gak sesederhana penampilannya. Sonchus Arvensis mengandung banyak sumber alami yang baik untuk tubuh, seperti: asam amino, polifenol, protein; alfa dan beta-amyrin, lipid, hidrokarbon polimer, lupeol, pseudotaraxasterol dan taraxasterol. Lalu, apa saja sih manfaat kesehatan yang diperoleh dari daun herba ini? Berikut pembahasan mengenai manfaat dari Daun Tempuyung untuk kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Mengurangi kadar asam urat
Penderita asam urat biasanya juga merasakan nyeri pada sendi mereka karena terjadi pembentukan kristal urat yang mengendap di dalam pembuluh darah. Karena itu, daun tempuyung berperan mendorong asam urat keluar melalui urin. Mengonsumsi Sonchus arvensis untuk waktu yang lama juga dapat mencegah pembentukan enzim yang dapat meningkatkan kadar asam urat.

2. Mampu meluruhkan batu ginjal
Sonchus Arvensis mengandung jumlah kalium yang luar biasa, karenanya daun ini dikenal sebagai obat herba yang dapat menguraikan batu ginjal. Kalium bereaksi dengan menguraikan kalsium karbonat dan mencampur dirinya dengan zat lain yang ditemukan di dalam batu ginjal. Hal inilah yang menyebabkan batu menjadi mudah rusak dan larut dalam air seni.

3. Menyembuhkan peradangan
Daun tembuyung juga punya khasiat yang sangat baik untuk menyembuhkan peradangan, seperti elcer atau wasir. Cara termudah untuk menyembuhkan peradangan adalah dengan meminum air yang digunakan untuk merebus daun tembuyung. Untuk pengobatan wasir, kamu cukup menempelkan daun Sonchus Arvensis yang telah ditumbuk ke rektum.

4. Mencegah hipertensi
Mengonsumsi daun tempuyung rupanya juga ampuh dalam mengendalikan kadar darah. Hipertensi dapat terjadi karena stres, gaya hidup yang tidak sehat, faktor genetik dan konsumsi garam berlebih. Untuk hasil yang lebih efektif, kamu bisa makan daun tempuyung sebagai lauk atau olahan sayuran selama tiga kali sehari. Kadar darah pun dapat turun secara signifikan.

Baca Juga : Manfaat Dari Tanaman Kemuning bagi Tubuh

5. Mengobati luka bakar atau memar
Kalau kamu menderita luka bakar ringan akibat puntung rokok atau arang, cobalah pengobatan alami dengan menggunakan daun tempuyung yang telah ditumbuk. Cukup terapkan tumbukkan daun yang sudah halus ke bagian yang terbakar. Memar yang disebabkan karena terjatuh, pukulan atau kecelakaan juga bisa ditangani secara efektif oleh tanaman ini.

Caranya, tumbuk daun tempuyung dan peras sampai mengeluarkan air dari daun. Gunakan air tersebut sebagai kompres dan ampasnya bisa dimanfaatkan untuk membungkus bagian yang terluka.

6. Mengobati gangguan pendengaran sebagian
Penyebab terjadinya gangguan pendengaran cukup bervariasi, diantaranya bisa karena infeksi, trauma dan sebagainya. Masalah ini dapat diatasi dengan meneteskan beberapa tetes air rebusan daun tempuyung. Hati-hati dalam pengaplikasiannya, jangan sampai kamu meneteskan airnya langsung ketika suhu masih panas. Tunggulah sampai air rebusan mulai dingin dan lakukan perlahan.

7. Antitumor dan antikanker
Sonchus Arvensis adalah daun herba yang kaya akan antioksidan. Flavonoid yang terkandung dalam tanaman ini juga berperan besar dalam mencegah tumor atau kanker yang membahayakan tubuh. Khasiat daun ini juga mampu mencegah pembentukan radikal bebas di dalam tubuh kita.

Ternyata banyak sekali ya manfaat kesehatan dari tanaman herba yang sering kita abaikan ini! Kalau kamu menemukannya banyak tumbuh di pekarangan, gak ada salahnya untuk mencoba pengobatan herba dengan daun ajaib ini.

Related posts