Rumput Mutiara Cintaku Padamu

Rumput Mutiara Cintaku Padamu

tumbuhanliarberkhasiat.web.id Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Khasiat Rumput Mutiara. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Khasiat Rumput Mutiara.

Rumput mutiara adalah tanaman rumput liar yang termasuk ke dalam famili Rubiaceae dan dikenal dengan nama daerah rumput siku-siku, daun mutiara, lidah ular, atau katepan. Rumput ini tumbuh subur di tanah yang lembab, di kebun kosong yang basah, halaman rumah, pinggir jalan, dan selokan.Rumput mutiara terkenal sebagai tanaman obat yang dimanfaatkan di Cina, India dan wilayah Asia Tenggara untuk mengobati berbagai jenis penyakit

Rumput mutiara mengandung dua senyawa aktif, yaitu asam ursolat dan asam uleanolat yang terbukti dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas. Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.Selain kanker, rumput mutiara juga dapat dipakai untuk menyembuhkan Tonsilitis, pharyngitis, bronkitis, pneumonia, gondongan,radang usus buntu ,hepatitis, dan cholecystitis.Lebih lanjut raumput ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit luar seperti bisul, uci-uci, dan luka terinfeksi

Kasiat Tanaman Rumput Mutira & Cara Meramu Manjadi Obat
1. Untuk mengatasi sumbatan saluran sperma
Cara Pengobatan:
Cuci bersih 30 gram rumput mutiara, rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Saring air rebusan tersebut setelah dingin, lalu diminum 2x sehari, masing-masing 1 gelas. Lakukan selama 3-4 minggu.

2. Mengobati luka yang tersiram air panas
Cara Pengobatan:Ambil rumput liar yang masih segardan hijau secukupnya, lalu cuci bersih, rebus dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci bagian tubuh yang tersiram air panas. Untuk mempercepat proses penyembuhan lebih cepat dapat dikombinasikan dengan lidah buaya setiap ½ jam sekali agar lukanya cepat sembuh dan tidak terjadi infeksi.

3. Untuk Hepatitis dan cholecytitis
Cara Pengobatan:
Cuci bersih 50 gram rumput mutiara, rebus dengan 4 gelas air mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring ramuan, dan minum 1 gelas 2 kali sehari

4. Untuk radang panggul dan infeksi saluran kemih
Cara Pengobatan:
Cuci bersih 50 gram tanaman kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan, minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

5. Mengobati Memar, digigit ular, patah tulang, dan terkilir
Cara Pengobatan:
Ambil daun / rumput mutiara yang masih segar secukupnya, kemudian cuci bersih. Tumbuk halus, lalu lulurkan pada bagian tubuh yang digigit ular, memar dan bagian tubuh yang sakit.8. Bronchitis, pneumonia, gondongan, tonsilis, dan faringitisCuci bersih 50 gram tanaman, rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air. Setelah agak dingin, saring hasil rebusan, minum 1 gelas 2 kali sehari.

Baca Juga :Manfaat Ilalang Yang Hilang

Catatan:
Bila mulut terasa kering setelah pemakaian selama 10 hari, hentikan pemakaian obat.

6. Menstimulasi aliran darah
Cara pengobatan:
Siapkan 100 gram rumput mutiara. Cuci bersih lalu rebus dengan lima gelas air (ukuran gelas minum = 250 ml)) sampai mendidih dan tersisa dua gelas. Bisa ditambahkan sedikit gula atau madu, tetapi jika nada seorang diabetes sebaiknya minum tanpa campuran apapun.

7. Sebagai Obat Kanker
Kandungan Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mengobati penyakit kanker, Cara Pengobatan:
Ambil 50-60 gram rumput mutiara segar, lalu cuci bersih. Campurkan jahe secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Dinginkan dan saring, diminum 1 gelas 2x sehari dapat ditambah madu agar terasa lebih segar dan nikmat.

Related posts