Tanaman Liar Berkhasiat Yang Jarang Disadari

Tanaman Liar Berkhasiat Yang Jarang Disadari

tumbuhanliarberkhasiat.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Tanaman Liar Berkhasiat Yang Jarang Disadari. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Tanaman Liar Berkhasiat Yang Jarang Disadari

Jika berbicara tentang tanaman liar yang bisa kita klasifikasikan sebagai obat yang bisa berkhasiat,memang ternyata banyak yang kita temukan tapi ternyata kita tidak tahu bagaimana cara mengolahnya ,seperti peribahasa pohon kelapa ada dibawah mata.Banyak sekali jenisnya yang kita lihat tiap harinya tapi tidak bisa kita klasifikasikan.

1. Benalu
Bernalu merupakan tanaman yang hidup dengan cara menempel pada sebuah pohon dan dianggap sangat merugikan pohon yang ditumbuhinya. Tanaman ini juga sering disebut dengan tanaman parasit. Hal itulah yang menjadikan benalu sebagai tanaman yang tidak berguna. Namun tahukah Anda bahwa benalu ternyata baik untuk kesehatan? Hal ini dikarenakan benalu bisa menjadi solusi dalam menyembuhkan penyakit kanker. Tidak hanya itu, salah satu jenis benalu juga berguna untuk mengatasi amandel.

2. Putri Malu
Mungkin jika Anda pernah pergi ke sawah atau sebuah ladang, Anda akan menemukan jenis tanaman ini. Putri malu memiliki daun yang unik, ketika disentuh akan tertutup dengan sendirinya. Tanaman ini tumbuh liar di sekitar pematang sawah. Ternyata, putri malu memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti radang saluran pernapasan, mengurangi rasa sakit atau nyeri, insomnia, cacingan, rematik, panas tinggi, dan herpes. Bagian tanaman putri malu yang bisa Anda gunakan adalah bagian daun, akar, dan juga seluruh tanaman dalam keadaan segar maupun dikeringkan.

Baca Juga : Tanaman Keladi Tikus Untuk Atasi Kanker

3. Alang-alang
Jika ada sebuah lahan kosong, pasti akan ditumbuhi dengan tanaman alang-alang. Tanaman liar ini ternyata memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti menurunkan deman, panas dalam, sakit kepala, dan masih banyak lainnya. Hal ini dikarenakan alang-alang mengandung asam klorogenat, kalsium, simiarenol, arundonin, silindrin, fernenol, dan skopoletin.

4. Beluntas
Tanaman beluntas biasanya digunakan sebagai pagar rumah. Selain itu, daunnya yang memiliki wangi yang cukup khas ini sering dijadikan obat herbal baik dalam keadaan segar maupun yang telah dikeringkan. Kandungan minyak atsiri, alkaloi, dan juga fraksi methanol memiliki manfaat untuk menyembuhkan radang, menambah nafsu makan, membantu sistem pencernaan, menyembuhkan batuk, dan mengatasi sakit perut.